Sebelum Terlambat, ini Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

Posted by webadmin1
Category:

tips-merawat-mobil-musim-hujan

 

Musim hujan yang ditunggu-tunggu sudah datang ke beberapa kota di Indonesia. Sebentar lagi, jalanan tergenang air dan macet akan menjadi pemandangan rutin. Untuk itulah Kita akan memberikan tips merawat mobil pada musim hujan.

Untuk menghadapi medan berat seperti genangan dan lumpur, para pemilik kendaraan wajib mempersiapkan perawatan agar tak terjadi kendala di musim hujan.

Untuk pemilik mobil, merawat mobil di musim hujan memang tidak mudah, tapi ada 5 tips merawat mobil di musim hujan seperti dilansir dari Daihatsu.

1. Jangan Tunggu Air Hujan Kering di Mobil

Air hujan yang mengering di mobil, beresiko merusak cat dan lapisan mobil. Tidak hanya merusak cat, air hujan juga beresiko menimbulkan jamur pada kaca mobil, lho. Segera cuci mobil dengan sampo khusus cuci mobil dan bilas dengan air sampai bersih.

 

Baca Juga: PENTINGNYA MENCUCI MOBIL SEHABIS HUJAN

2. Rajin Periksa Komponen Mesin

tips-merawat-mobil-musim-hujan-3.jpgKarena air sangat mudah masuk melalui celah, jangan malas untuk periksa bagian mesin mobil. Pastikan tidak ada komponen mesin yang terganggu akibat air hujan yang masuk.

3. Semprot Cairan Silicon

tips-merawat-mobil-musim-hujan 4Tidak hanya mempengaruhi bagian eksterior mobil, air hujan juga mempengaruhi bagian interior mobil, lho. Karet dan kaca yang sering terkena hujan dan panas lebih cepat rusak, semprotkan cairan silicon agar bagian tersebut bisa awet ya.

4. Cegah Jamur dengan Karpet

tips-merawat-mobil-musim-hujan-5Masuk ke dalam mobil saat hujan beresiko untuk membuat lantai mobil basah, lalu kotor dan timbul jamur. Untuk menghindari hal tersebut, bisa tambahkan karpet untuk melapisi lantai mobil kamu agar tidak lembab dan kotor yang bisa menimbulkan jamur.

5. Parkir Mobil di Tempat yang Tertutup

 

tips-merawat-mobil-musim-hujan-6Setelah mencuci mobil, segera parkirkan mobil di tempat yang aman dan tertutup agar mobil tidak kotor lagi terkena air hujan. Kalau terpaksa diparkir di ruang terbuka, bisa gunakan cover mobil untuk melindungi dari air hujan.

Demikianlah tips merawat mobil di musim hujan, semoga bermanfaat dan semoga mobil kesnyangan Anda tetap bersih dan terawat.

Sumber: Suara.com